See & Do : Seputar Kota

RS Awal Bros Akan Beroperasi di Panam





PEKANBARU - Kabar gembira bagi masyarakat Panam sekitarnya, karena tahun ini Rumah Sakit Awal Bros akan hadir di Panam. Saat ini memang masih dalam tahap pembangunan, tetapi direncanakan akhir November 2013 sudah bisa memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

"Kita targetkan 6 bulan setelah topping of (red, penutup/pembangunan paling atas) pembangunan RS Awal Bros Panam ini bisa selesai. Namun, pelayanan kesehatan akhir November mudah-mudahan bisa terlaksana," ujar Direktur Utama PT Awal Bros Citra Batam, Aidil Awaloeddin kepada Tribun pada acara Topping of RS Awal Bros Panam, Senin (18/2).

Meskipun berada di ketinggian dan terpapar langsung sinar matahari, acara seremonial ini berlangsung sukses. Dengan dihadiri oleh petingi-petinggi Awal Bros, undangan serta tak lupa pula para pekerja. Pada acara ini, dilakukan penyembelihan kambing yang dilakukan di lantai delapan.

Rumah sakit yang dibangun dengan biaya sekitar 80-90 miliar ini akan memiliki berbagai fasilitas seperti Rumah Sakit pada umumnya. "Ada lima lantai yang digunakan. Lantai enam sebagai penutupnya saja, lantai tujuh tempat penampungan air, lantai 8 sebagai tempat untuk penangkal petir, antena dan sebagainya," ujar Aidil.

Lebih lanjut dirincikannya lantai satu sebagai kantor, rehabilitasi medis dan parkir. Lantai dua tempat Apotik, Loby, laboratorium, UGD, poliklinik dan radiologi. Kemudian lantai tiga sebagai kamar operasi, kamar perawatan intensif seperti IMC, ICC, MCU, ICCU, kamar bersalin, endoscopy, perawatan perinatologi/NICU. Sedangkan lantai 4 dan 5 sebagai ruang rawat inap. "Ada sekitar 100 tempat tidur. Sedangkan untuk parkiran kira-kira tersedia 120 untuk kendaraan roda empat, " imbuhnya.

Satu hal yang menarik di Rumah Sakit ini, lanjut Aidil dimana menyediakan perawatan satu kamar satu orang. Apapun kelasnya baik kelas 3,2,1, VIP dan seterusnya. Yang membedakan hanya fasilitasnya saja. "Pelayanan satu kamar satu orang tersebut, agar lebih memberikan kenyamanan dan privasi bagi pasien maupun keluarga. Sehingga diharapkan kesehatan segera membaik," sebut Aidil.

Diakui Aidil, pertimbangan mereka untuk membangun RS Awal Bros di Panam, karena setelah dilakukan survey Panam merupakan kota satelit atau sebagai penyanggah kota Pekanbaru. Perputaran uang tunai lumayan besar. 95 persen didominasi pendatang. Yang pasti mereka membutuhkan pelayanan pendidikan, hiburan termasuk kesehatan. "Kita berharap ke depannya rumah sakit ini dapat menjawab kebutuhan kesehatan masyarakat Pekanbaru bagian barat," sebutnya.

Saat ini, masih dalam tahap proses pengerjaan oleh sekitar 150-170 orang tenaga kerja. Gedung ini tertuang beton sebanyak 3000 kubik, 600 ton besi dan dengan berat total bangunan 7200 ton. "Kami berterima kasih kepada seluruh pekerja yang telah ikut dalam proses pembangunan ini," tambahnya.

Pada kesempatan itu, Aidil juga sempat meminta maaf kepada perwakilan masyarakat sekitar yang hadir Jika selama pembangunan menggangu kenyamanan warga sekitar mohon maaf.

"Maklum, selama pembangunan, barangkali ada saluran air yang belum bisa dijalankan atau apapun yang menggangu kenyamanan warga sekitar, kami mohon maaf," sebutnya.

Sementara itu, di sisi lain dengan dibangunnya Rumah Sakit ini tentu saja akan menyerap banyak tenaga kerja.

"Kami butuh sekitar 30 dokter spesialis. Perawat hampir 300 orang. Seluruh karyawan sekitar 400 orang. Penerimaan terhadap warga tempatan tentunya diprioritaskan. Saat ini udah mulai buka lowongan di website awal bros baik untuk medis maupun non medis," pungkasnya.



Related City Guide:


Perhatian:
Berikan komentar terbaik anda. Jangan SPAM atau menyebarkan kebencian disini.