News & Info: Pemerintah

Menteri Pariwisata Direncanakan Akan Membuka Even Tour de Siak





SIAK - Bupati Siak, Syamsuar beserta jajarannya menggelar rapat evaluasi tentang pelaksanaan even balap sepeda bertaraf International, Tour De Siak yang akan di gelar 11-15 September 2013. Rapat yang berlangsung pukul 14.30 wib itu, dihadiri seluruh pejabat dan kepala dinas serta camat yang ada di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Siak, Senin (2/9).

Rapat yang dipimpin langsung Oleh Bupati Siak, Syamsuar. Dalam rapat itu, orang nomor satu di kabupaten Siak ini mempertanyakan mengenai kesiapan  panitia dalam even dalam pelaksanan Even yang hanya menyisakan 9 hari lagi.

Beberapa point yang menjadi fokus rapat hari itu yakni, mengenai kesiapan akomodasi seperti kesiapan transport, pengamanan, sarana jalan atau lintasan yang dilalui dalam etape taur de siak tersebut.

Bupati Siak, Syamsuar berharap, semua Kendaraan yang ada didinas-dinas yang dipersiapkan untuk even Tour De Siak nantinya, salah satunya yang berada di Dinas Perhubungan Kabupaten Siak, untuk segera menyetorkan kendaraan kendaraan itu guna keperluan panitian kepada panitia.

" Kendaraan itu nantinya akan di gunakan sebagai akomodasi dalam event itu, jadi harap kepada dinas-dinas terkait untuk secepatnya menyetorkannya," Ujar Bupati Siak ini.

Selain itu, Syamsuar juga memepertanyakan teknis penjemputan para peserta maupun tamu yang akan tiba dibandara nantinya. Dia berharap orang-orang yang tergabung dalam tim pemjeputan harus orang yang kompeten dan mempunyai kempauan komunikasi yang bagus.

" Penjemputan ini terkait penilaian tamu (peserta maupun undangan) terhadap kita. Jadi saya harap orang yang melakukan penjemputan adalah orang-orang yang benar-benar mampu berkomunikasi dengan baik khususnya yang pandai bahasa inggris," Kata Bupati Siak ini.

Dikonfirmasi usai rapat evaluasi, Bupati Siak, Syamsuar mengatakan, secara umum semua persiapan dalam pelaksanaan even balap sepeda bertaraf international, " Tour De Siak " ini telah Siap dan kini semua hanya tingaal menunggu tanggal pelaksanaannya saja.

" Dari hasil rapat evalusi yang kita lakukan tadi, semua panitia telah bekerja secara maksimal dan nemyatakan telah siap. Selain itu, kepanitian juga terbantu dengan hadirnya PB ISSI dalam pelaksaan teknis Even Tour De Siak nantinya," Jelas. Syamsuar kepada tribun, Senin (2/8).

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Tour de Siak, Amin Budyadi menjelaskan, Sebagai even yang pertama kali nya diadakan di Riau, dan khususnya Kabupaten Siak, Tour de Siak sebagai Even bertaraf international diharapkannya mampu mengangkat nama Kabupaten Siak di mata international. Even ini sendiri nantinya akan terbagi dalam tiga etape. Etape I, dimulai tanggal 13 September, para peserta akan  melintasi jalanan sejauh 115,45 Km dengan memulia star dari Jalan Ibukota Kabupaten Siak menuju Kecamatan Dayun.

Etape II, tanggal 14 Sepetember melintasi Ibukota Siak menuju Kecamatan Dayun dengan penjang lintasan sejauh 115,18 Km. Sedangkan etape ke III atau yang terakhir tanggal 15 september, para peserta  akan melintasi Jalan Ibu kota kabupaten Siak menuju Perawang, dengan panjang lintasan sejauh 182,12 km.

Amin mengatakan, sejauh ini semua kesiapan dari sisi administrasi sudah siap dan sudah jalan. Kini hanya tinggal pendalam tim kecil-kecilan saja.

" Semua sarana seperti jalan sudah siap, untuk rute juga sudah final. Tinggal pemantapan untuk tim kecil-kecilan seperti tim tranportasi, tim akomodasi, tim protokoler, dan tim konsumsi tinggal kita perdalam secara detail saja," Ujar Ketua Pelaksana Even Tour De Siak.

Untuk pembukaan sendiri, Amin menjelaskan, panitia rencana akan mengundang Menteri Pariwisata atau Wakilnya. Namun hal itu sedang diusahakan mengingat di waktu yang bersamaan Menteri di khawatirkan akan menghadiri kegiatan lain seperti festival Danau Toba.

" Kita sedang upayakan agar mereka bisa hadir untuk membuka even Tour De Siak ini. Selain itu, untuk grand openingnya kita juga rencana akan mengundang penyanyi Judika," Beber Amin.

Kepala Binamarga, Pekerjaan Umum Kabupaten Siak mengaku telah memasatikan semua lintasan atau etape yang akan di lalui pembalap dalam Even Tour De Siak nanti dalam kondisi telah siap. Namun demikian diakuinya beberapa lintasan, khususnya jalan Provinsi, yakni jalan dari sipang Jamrud menuju simpang Caltex atau Siak lama, ada beberapa titik yang rusak.

" Beberapa titik yang rusak, tanggal 8 september telah selesai kita lakukan. Hanya saja memang, titik-titik yang rusak itu masuk sebagai Jalan Provinsi dan perbaikan itu seharusnya dilakukan menggunakan dana APBD Provinsi Riau, namum karena itu tidak dianggarkan, jadi kita lakukan perbaikan dengan menambal. Dan hal itu masuk dalam dana pemeliharaan. Perbaikan ini juga kerena terkait Even Tour De Siak ini," Ungkapnya.

Dilain pihak, Kapolres Siak, AKBP Sugeng Putut Wicaksono kepada tribun mengatakan, untuk mengamankan jalannya even Tour De Siak ini, sedikitnya 200 personil anggota Kepolisian Resort Siak akan di kerahkan guna pengamanan kegiatan.







Related News & Info:

Perhatian:
Berikan komentar terbaik anda. Jangan SPAM atau menyebarkan kebencian disini.